Bahaya Penggunaan Smartphone Berlebihan

Apa Anda termasuk salah satu orang yang tidak bisa hidup tanpa smartphone atau pun gadget? Bila iya, mulai dari sekarang coba untuk biasakan diri Anda dengan cara mengistirahatkan diri dari penggunaan smartphone atau pun gadget. Mengapa demikian? Sebab, penggunaan smartphone maupun gadget berlebihan ini dapat dikatakan bisa pengaruhi kesehatan psikologis seseorang dan juga berpengaruh besar khususnya pada kesehatan otak.



Bahaya penggunaan smartpone berlebihan
Kami lansirkan dari situs dailymail.co.uk, Dr Kostadin Kushlev adalah seorang psikolog mengatakan bahwasannya penggunaan smartphone berlebihan atau pun seseorang yang kecanduan smartphone dapat menjadikan pribadi gagal fokus. Bahkan lebih dari itu, mereka yang tidak bisa hidup tanpa smartphone atau gadget serta memandangi layar menunjukkan bahwa dia sedang menderita gejala ADHD. ADHD ini sendiri adalah Attention Deficit Hyperactivity Disorder yang merupakan terjadinya peningkatan aktifitas motorik otak dan juga sebabkan seseorang beraktifitas secara berlebihan.
ADHD ini sendiri umumnya ditandai dengan adanya keluhan seperti halnya gagal fokus, gelisah, tak bisa diam, tak bisa duduk tenang, emosi meletup-letup, sampai dengan suka sekali lakukan aktifitas yang sering ganggu orang lain atau pun tak menyenangkan. Bahkan tidak hanya sebabkan gejala ADHD saja, penggunaan smartphone berlebihan juga rentan sekali menjadikan hubungan bersama keluarga, teman, dan juga orang-orang yang ada di sekitar jadi tak sebaik dulu.
Para peneliti telah lakukan sebuah penelitian pada 221 mahasiswa di University of British dan menemukan bahwa mereka tak bisa hidup dan terlepas dari namanya smartphone atau gadget menunjukkan adanya gejala ADHD. Sementara itu mereka yang bisa meletakkan smartphone dan juga menggunakannya sesuai kebutuhan saja telah menunjukkan bahwa kesehatannya tersebut cukup baik, termasuk halnya dengan kesehatan fisik atau pun psikisnya. Mahasiswa yang telah berhasil meletakkan smartphone dan juga hidupnya tanpanya bisa dikatakan mempunyai emosi yang jauh lebih tenang, sabar, dan juga mampu bersosialisasi dengan sangat baik.
Kushlev dan peneliti lainnya telah ungkapkan jika radiasi dari smartphone atau gadget serta cahaya yang dihasilkannya sangat tak baik bagi kesehatan fisik atau psikis seseorang. Radiasi inilah juga dipercaya bisa menjadikan otak tak dapat bekerja baik atau fokus. Sehingga pengguna disarankan untuk bisa mengurangi penggunaan smartphone atau gadget agar tidak kecanduan smartphone.

Demikianlah informasi tentang bahaya penggunaan smartphone berlebihan. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Sumber : http://arzekacyber.com/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bahaya Penggunaan Smartphone Berlebihan"

Post a Comment